Daftar lengkap Istilah umum di bidang internet beserta pengertian/kegunaan/fungsinya – Apa
itu internet ? Internet adalah sebuah jaringan komputer yang
menghubungkan komputer satu dengan lainnya untuk saling berkomunikasi
dan bertukar data/informasi tanpa mengenal batas wilayah teritorial
suatu negara (mendunia).
Istilah Umum dalam Internet beserta Artinya |
Beragam istilah dalam dunia internet
sudah sangat sering kita jumpai. Di antara ragam istilah tersebut,
terkadang ada beberapa istilah yang masih asing atau tidak kita kenali.
Selain itu, kita juga kerap kali sering menggunakan istilah tersebut
namun tidak benar-benar paham arti dan fungsinya.
Istilah-istilah tersebut umumnya
terbentuk dari kata-kata bahasa asing (umumnya Inggris/Amerika) yang
kemudian digunakan menjadi istilah internet di Indonesia.
Mengapa hal ini terjadi ?
Hal ini karena kemajuan teknologi yang
memungkinkan berkomunikasi tanpa mengenal adanya batas wilayah
teritorial baik kota, negara bahkan benua (sering disebut dengan
globalisasi). Karena pengaruh globalisasi ini, kosa kata/istilah dari
bahasa asing kemudian diserap dan dilazimkan sebagai istilah internet
yang umum digunakan di Indonesia.
Karena perpaduan ini, suatu kosa kata
terkadang terasa janggal jika diartikan dalam Indonesia, bahkan tidak
ada hubungannya sama sekali. Contohnya adalah cookies yang berarti roti.
Nah, oleh karena itu kesempatan kali
ini kita akan mempelajari tentang istilah-istilah tersebut secara
sistematis mulai dari awalan huruf A sampai Z (kamus lengkap istilah
dalam internet dari a-z).
Apa saja istilah-istilah tersebut ?
Berikut adalah ulasan lengkapnya….
Istilah Umum dalam Internet beserta Pengertian/Fungsinya
1. 3G
2. 4G
3. Account
Sebuah informasi atau data dari
seseorang yang umumnya terdiri dari username (nama pengguna) dan
password (kata sandi) serta beberapa keterangan lainnya.
4. Archie
Suatu alat untuk pengindeks-an arsip
yang ada di dalam FTP (File Transfer protocol) yang memungkinkan
seseorang untuk melakukan pencarian dengan lebih spesifik.
5. Attachment
Bentuk penyampaian pesan yang dilakukan dengan melampirkan atau menyertakan file dari komputer (umumnya digunakan dalam e-mail).
6. Bandwith
Lebar pita, merupakan besaran yang
menunjukkan kapasitas transfer banyaknya data yang dapat dilewatkan
dalam koneksi melalui sebuah jaringan. Kecepatan dapat berubah setiap
saat tergantung kondisi pengguna internet. Satuan kecepatan dari
bandwith yaitu Mbps (Mega bit per second) atau Kbps (kilo bit per
second).
7. Banned
Suatu tindakan yang dilakukan untuk
memblokir identitas/akun tertentu oleh pihak pengatur dan pengelola
(moderator). Umumunya dilakukan dengan penyampaian tegas melalui chat,
e-mail, atau milis karena diduga identitas tersebut telah melakukan
pelanggaran, baikberupa penyalahgunaan perjanjian, diduga mengganggu,
merusak atau mengacaukan kegiatan internet.
8. Banner
Media informasi yang umumnya berbentuk
gambar untuk menampilkan sebuah iklan bergambar pada website. Banner
ini umumnya berfungsi sebagai ajang promosi produk, merek, jasa,
layanan, tempat atau hal lain yang berbau bisnis.
9. Blog
Singkatan dari Web Log yang
sebenarnya digunakan sebagai situs pribadi, namun sekarang mampu
menawarkan berbagai informasi, baik berupa pendidikan, kesehatan,
pengalaman, tutorial dan lain-lain di mana keberadaannya sudah seperti
layaknya sebuah website.
10. Blogger
Seseorang yang membuat, mengelola, merawat dan memoderasi blog.
11. Blogging
Kegiatan yang dilakukan blogger baik
berupa mengisi konten, menata desain, mempraktekan teknik SEO,
menjelajahi situs lain, dan lain sebagainya.
12. Bookmark
Menyimpan halaman web yang disukai di browser agar di lain waktu dapat dibuka kembali.
13. Browser/Web Browser
Program aplikasi yang memungkinkan
pengguna untuk menjelajahi internet atau dengan kata lain sebagai wadah
untuk membuka berbagai halaman website dari penjuru dunia yang ada di
internet. Contoh dari browser ini yaitu Google Chrome, Mozila Firefox,
Safari, Internet Explorer, dan lain-lain.
14. Browsing
Aktifitas yang dilakukan seseorang
untuk menjelajahi berbagai halaman web untuk mencari informasi dari
internet dengan mengikuti link-link halaman web.
15. Buffering
Keadaan dimana aktifitas menonton video terhenti, umumnya karena kecepatan internet yang lambat, banyak pengguna di jaringan atau paketan habis.
Keadaan dimana aktifitas menonton video terhenti, umumnya karena kecepatan internet yang lambat, banyak pengguna di jaringan atau paketan habis.
16. Captcha
Kode verifikasi untuk melanjutkan ke proses selanjutnya dengan memastikan bahwa pengguna itu bukan robot.
Kode verifikasi untuk melanjutkan ke proses selanjutnya dengan memastikan bahwa pengguna itu bukan robot.
17. CGI/Perl
Bahasa komputer untuk membuat program
interaktif dalam sebuah halaman web yang dikembangkan oleh pemakai
sistem operasi berbasis UNIX/Linux.
18. Chat
Layanan internet yang memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi melalui teks tanpa waktu tunggu (realtime).
19. Chatting
Istilah yang mengacu pada kegiatan chat itu sendiri.
20. Comunnication Protocol (Komunikasi Protokol)
Bentuk komunikasi satu set aturan
standar yang dirancang sedemikian rupa sehingga sesama komputer saling
terhubung dan saling berbagi data/informasi dengan meminimalisir segala
kesalahan yang akan terjadi.
21. Connect
Menghubungkan komputer ke koneksi internet.
22. Close Tab
Menutup tab yang terbuka pada web browser.
23. Cookie
Informasi tentang client dari komputer server lalu kemudian disimpan ke komputer client itu sendiri.
24. Cyberlaw
Aturan atau hukum yang berlaku di dunia maya (internet).
Aturan atau hukum yang berlaku di dunia maya (internet).
25. Cryptography
Bentuk penyampaian pesan dengan menggunakan sandi/kode tertentu sehingga pesan dapat terkirim dengan lebih aman.
26. CSS (Cascading Style Sheet)
Kumpulan script/kode yang tersusun
dengan rapi untuk memperindah tampilan dari suatu halaman web serta
dapat mempercepat loading suatu website karena menyingkat struktur kode
HTML. CSS terdiri dari 3 komponen yaitu selector, properti dan value.
27. Cybercrime
Segala bentuk tindak kejahatan yang dilakukan di dunia maya (internet)
28. Cyberspace
Istilah yang umum digunakan untuk
menggambarkan dunia maya, dipopulerkan pertama kali oleh William Gibson
(novelnya yang berjudul Neuromancer).
29. Cybersquatting
Aktifitas yang dilakukan untuk
membeli domain di internet namun memiliki kesamaan dengan suatu
perusahaan, nama produk, atau nama seseorang. Karena kesamaan tersebut
pembeli kemudian menjual kepada perusahaan tersebut dengan harga yang
relatif tinggi.
30. Dial-Up
Jenis koneksi internet yang menggunakan jaringan telepon.
31. Disconnect
Memutuskan hubungan komputer dengan internet yang sedang terkoneksi.
Memutuskan hubungan komputer dengan internet yang sedang terkoneksi.
32. Domain name
Alamat permanen suatu situs di
internet yang bersifat unik dan digunakan untuk mengidentifikasi sebuah
situs/alamat agar dapat ditemukan di internet.
33. Download
Aktifitas untuk mengambil file,
gambar, video, audio dan data/informasi dari internet untuk kemudian
disimpan/digunakan pada komputer pribadi.
34. Downstream
Kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal/pribadi melalui sebuah jaringan (kebalikan dari upstream).
35. DSL (Digital Subscriber line)
Suatu metode transfer data melalui saluran telepon regular.
36. E-commerce (Electronic Commerce) : Perdagangan atau transaksi perbankan elektronik melalui media internet.
37. E-mail (Elektronik Mail)
Aplikasi yang memungkinkan pengguna
internet untuk saling berkirim pesan melalui jaringan Internet (surat
menyurat elektonik melalui internet).
38. Encryption
Menjadikan sebuah pesan agar tidak dapat dibaca jika tidak menggunakan suatu program untuk membukanya.
39. E-payment
Alat pembayaran dengan memanfaatkan media elektronik seperti internet.
40. Flames
Berbagai pesan di internet yang bersifat menghina atau menjelek-jelekan sehingga membuat penerima (e-mail) menjadi marah.
42. Follow
Aktifitas untuk mengikuti seseorang di internet, misalnya follow akun twitter dan instagram.
43. Forward
Kembali ke halaman web yang telah diakses/dibuka.
Berbagai pesan di internet yang bersifat menghina atau menjelek-jelekan sehingga membuat penerima (e-mail) menjadi marah.
42. Follow
Aktifitas untuk mengikuti seseorang di internet, misalnya follow akun twitter dan instagram.
43. Forward
Kembali ke halaman web yang telah diakses/dibuka.
44. Firewall
Sistem keamanan dalam internet yang berfungsi untuk melindungi sebuah jaringan yang kecil terhadap jaringan yang lebih luas.
45. FTP (File Transfer Protokol)
Protokol yang digunakan untuk mengirim (mentransfer) dan/atau menerima file dari internet, umumnya berbasis TCP/IP.
46. Game Online
Game yang dimainkan secara online (akses internet) dan dapat dimainkan secara multiplayer.
Game yang dimainkan secara online (akses internet) dan dapat dimainkan secara multiplayer.
47. Gateway
Menerjemahkan antara 2 protokol berbeda sehingga mampu menyediakan akses untuk menghubungkannya ke sistem jaringan.
47. Gopher
Aplikasi internet untuk mencari
informasi yang ada di internet namun terbatas hanya pada teks dengan
cara menghubungkan komputer pribadi ke gopher server yang ada di dalam
internet.
48. GPRS (General Packet Radio Service)
49. Guest book
Layanan interaktif pada suatu
website/blog yang memungkinkan pengguna untuk menulis pesan dan membaca
tulisan dari seorang pengunjung.
50. Hacker
Seseorang yang ahli di bidang
pemrograman komputer dengan kemampuan untuk menembus atau membobol
sistem keamanan jaringan (misalnya di internet).
51. History
Membaca atau menampilkan kembali halaman web yang telah dikunjungi, umumnya dilakukan melalui web browser.
Membaca atau menampilkan kembali halaman web yang telah dikunjungi, umumnya dilakukan melalui web browser.
52. Homepage
Halaman muka dari suatu situs yang menampilkan informasi/deskripsi mengenai isi situs tersebut.
53. Hoax (mail)
Suatu kebohongan dalam e-mail yang berasal dari alamat yang tidak jelas.
54. Hosting
Ruangan penyimpanan seperti layaknya
harddisk tempat menyimpan data, file, gambar dan lain-lain yang kemudian
akan ditampilkan dalam sebuah situs.
55. Hostpot
Lingkup area yang menawarkan layanan akses internet dengan menggunakan Wi-Fi.
Lingkup area yang menawarkan layanan akses internet dengan menggunakan Wi-Fi.
56. HTML (Hyper Text Markup Language)
Sebuah bahasa markup atau kode yang
digunakan untuk membuat halaman web yang kemudian menerjemahkan kode
tersebut melalui mekanisme internet sehingga dapat menampilkan
informasi kepada pengunjung.
57. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Protokol (antarmuka) yang digunakan
pada awal URL site untuk menjelaskan program browser bahwa antarmukanya
adalah HTTP. Contohnya adalah http://www.example.com
58. HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure)
HTTP dengan tambahan sistem keamanan untuk melindungi encrpyts dan decrpyts permintaan dari halaman web.
HTTP dengan tambahan sistem keamanan untuk melindungi encrpyts dan decrpyts permintaan dari halaman web.
59. Hyperlink/link
Koneksi yang menghubungkan sebuah halaman web ke halaman lainnya dalam internet.
Koneksi yang menghubungkan sebuah halaman web ke halaman lainnya dalam internet.
60. Hypermedia
Suatu media yang bukan hanya teks saja, melainkan ada tambahan fitur baik itu suara maupun video.
Suatu media yang bukan hanya teks saja, melainkan ada tambahan fitur baik itu suara maupun video.
61. Hypertext
Teks Hyper yang maksudnya adalah sebuah teks yang berkaitan dengan dokumen lainnya.
62. IE (Internet Explorer)
Program untuk menampilkan halaman website di internet (Web Browser) yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.
63. Inbox : Pesan masuk kepada penerima.
64. Internet Banking (i-banking)
Layanan perbankan yang dilakukan menggunakan jaringan internet.
65. Internet Marketing
Teknik pemasaran untuk melakukan usaha/bisnis dengan memanfaatkan media internet.
Teknik pemasaran untuk melakukan usaha/bisnis dengan memanfaatkan media internet.
66. Internetpreneur
Pengusaha yang berkecimpung di dunia internet.
Pengusaha yang berkecimpung di dunia internet.
67. Internet-TV
TV yang mengalami perbuahan dan modifikasi sehingga dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi melalui jaringan internet.
68. Intranet
Sebuah jaringan lokal yang
menghubungkan sesama komputer dalam jaringan lokal, umumnya digunakan
untuk kepentingan internal suatu perusahaan, instansi atau organisasi.
69. IP Address :
Protokol yang mengatur sistem pengalamatan dalam jaringan, umumnya
dipresentasikan dalam angka biner yang membentuk satu kesatuan 4 deret
bilangan antara 0 sampai 255. Masing-masing deret dipisahkan dengan
titik (.), IP ini juga dibagi menjadi 5 kelas yaitu kelas A, B, C, D dan
E. Contoh IP Address yaitu 192.168.0.2 (kelas C).
70. IRC (Internet Relay Chat)
Fasilitas/layanan di internet yang memungkinkan untuk chatting.
Fasilitas/layanan di internet yang memungkinkan untuk chatting.
71. ISP (Internet Service Provider) : Suatu perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk penggunanya.
72. Login/Sign-In
: Proses masuk ke dalam sebuah halaman web (misalnya masuk ke dalam
akun pribadi) dengan memasukkan password dan username pengguna.
73. Logout/Sign-Out : Proses keluar dari sebuah halaman web (misalnya keluar dari akun pribadi).
74. Lycos :
Sebuah Search Engine (mesin pencari) yang dapat digunakan untuk mencari
informasi. Sobat bisa mencoba search engine ini di www.lycos.com
75. Mailing list (Milis)
: Aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar
informasi dalam suatu kelompok/forum melalui e-mail internet.
76. Merchant
Suatu tempat pemasaran dan penjualan produk, jasa, atau layanan di internet
77. MIME (Multipurpose Internet Mail Extension)
Ekstensi e-mail yang digunakan untuk mengirim berkas melalui attachment e-mail agar lebih mudah pengirimannya.
78. MLM (Multi Level Marketing)
Sistem penjualan/jasa melalui agen
distributor group dengan mensponsori orang lain untuk melakukan hal yang
sama (member cari member).
79. Modem (Modulator Demodulator)
Perangkat tambahan komputer yang
berfungsi untuk mengubah sinyal analog ke sinyal digital atau sebaliknya
dan mampu menghubungkan suatu komputer ke internet.
80. Netter
Seseorang yang sering berkecimpung di dunia internet.
Seseorang yang sering berkecimpung di dunia internet.
81. Network
Jaringan antar komputer yang saling terhubung satu sama lain (seperti LAN, WAN, MAN, dan internet).
Jaringan antar komputer yang saling terhubung satu sama lain (seperti LAN, WAN, MAN, dan internet).
82. Newbie
Seorang pemula, umumnya baru mengenal sesuatu seperti mengenal internet, baru mengenal facebook, blog dan lain sebagainya.
83. News Group
Aplikasi internet yang digunakan untuk
berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum, umumnya memiliki
kepentingan yang sama untuk membahas topik tertentu.
84. New Window
Membuka jendela baru pada web browser untuk membuka suatu halaman web.
Membuka jendela baru pada web browser untuk membuka suatu halaman web.
85. Offline
Keadaan seorang pengguna atau komputer itu sendiri ketika tidak terhubung ke internet.
86. Online
Keadaan seorang pengguna atau komputer itu sendiri ketika sedang terhubung ke internet (kebalikan offline).
87. Password
Kata kunci yang umumnya berupa
kombinasi huruf, angka atau simbol dan bersifat rahasia untuk
mengamankan suatu informasi pribadi seperti akun di internet.
88. Paypal
Sistem pembayaran seperti rekening, namun datanya disimpan di internet (uang dalam internet).
Sistem pembayaran seperti rekening, namun datanya disimpan di internet (uang dalam internet).
89. Point to Point Protocol (PPP)
Protokol TCP/IP yang sering digunakan untuk mengkoneksikan komputer ke internet melalui modem atau perangkat lainnya.
90. Pop-Up
Bagian pada suatu situs yang melayang sehingga menutupi halaman web, umumnya berupa iklan, fanspage atau promosi gambar lainnya.
Bagian pada suatu situs yang melayang sehingga menutupi halaman web, umumnya berupa iklan, fanspage atau promosi gambar lainnya.
91. POP (Post Office protokol)
Protokol untuk mengambil atau membaca sebuah e-mail dari sebuah server yang ada di internet ke komputer lokal/pribadi.
92. Protokol
Aturan standar yang mengatur mekanisme suatu jaringan sehingga sesama komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi.
93. Proxy server
Sebuah komputer server yang dapat
melakukan sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap
content dari internet atau intranet.
94. Referrer
Suatu alamat situs/URL yang berasal dari pengunjung.
95. Refresh
Menyegarkan atau memperbaharui suatu halaman web.
96. Reload
Memanggil kembali halaman web (dimuat ulang).
Menyegarkan atau memperbaharui suatu halaman web.
96. Reload
Memanggil kembali halaman web (dimuat ulang).
97. Search Engine (Mesin Pencari)
Program suatu website yang digunakan
untuk mecari informasi/data yang ada di internet. Contoh Search Engine
yang sering digunakan saat ini yaitu Google, Yahoo, Lycos, Bing dan
masih banyak lagi.
98. SEO (Search Engine Optimazion)
Suatu teknik pada suatu website/blog
dengan bersaing menjadi urutan teratas dalam hasil pencarian mesin
pencari untuk meningkatkan traffik/kunjungan. Suatu website yang
menerapkan teknik SEO akan lebih mudah tampil di halaman pertama mesin
pencari, dengan begitu pengunjung akan berdatangan karena website
tersebut mudah ditemukan. Semakin baik tekniknya, suatu website akan
mudah mengalahkan saingannya di mesin telusur.
99. SERP (Search Engine Result Page)
Halaman web tertampil hasil pencarian mesin pencari berdasarkan kata kunci tertarget.
Halaman web tertampil hasil pencarian mesin pencari berdasarkan kata kunci tertarget.
100. Shareware
Perangkat lunak (software) yang dibagikan secara gratis oleh pengembang dan biasanya dibagikan melalui internet.
Perangkat lunak (software) yang dibagikan secara gratis oleh pengembang dan biasanya dibagikan melalui internet.
101. Sign up
Proses pendaftaran/registrasi layanan
internet dalam pembuatan ID atau akun tertentu. Misalnya saja ketika
belum mempunyai akun e-mail, kita bisa mendaftar akun lewat situs yang
melayani e-mail (seperti gmail, yahoo mail). Saat mendaftar kita dikenai
prosedur/mekanismenya seperti mengisi biodata, nomor HP dan lain-lain.
Sign Up ini juga berlaku pada saat pendaftaran Facebook, Twitter dan
lain sebagainya.
102. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Protokol untuk mengirimkan e-mail dari
komputer lokal/pribadi kepada server melalui jaringan internet
(kebalikan dari protokol POP).
103. Spam
Pesan komersial atau iklan yang
ditujukan kepada penerima (umumnya di newsgroup/e-mail) namun sebenarnya
pengguna tidak menginginkan pesan tersebut masuk.
104. Spider
Istilah yang mengacu pada penjelajah suatu website di internet, atau dengan kata lain mesin pencari itu sendiri.
Istilah yang mengacu pada penjelajah suatu website di internet, atau dengan kata lain mesin pencari itu sendiri.
105. Streaming
Kegiatan menonton gambar bergerak/video secara online.
Kegiatan menonton gambar bergerak/video secara online.
106. Subscribe
Layanan yang memudahkan seseorang
untuk berlangganan, misalnya subscribe channel youtube atau berlangganan
blog sehingga ketika ada artikel/video baru langsung bisa diketahui.
107. Surfing
Aktifitas berselancar menjelajahi halaman web di internet (bisa juga dikatakan browsing).
Aktifitas berselancar menjelajahi halaman web di internet (bisa juga dikatakan browsing).
108. Telnet
Layanan remote login mengacu pada
program atau protokol yang menyediakan fungsi agar seorag pengguna
internet dapat mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam
lingkungan jaringan internet.
109. Thread
Serangkaian surat yang ada dalam sebuah forum diskusi di internet.
110. Unfollow
Batal mengikuti akun seseorang di internet.
Batal mengikuti akun seseorang di internet.
111. Unsubscribe
Batal berlangganan, misalnya batal berlangganan blog/channel youtube.
Batal berlangganan, misalnya batal berlangganan blog/channel youtube.
112. Update
Memperbaharui sesuatu agar lebih optimal, misalnya memperbaharui program antivirus agar virus baru juga dapat discan dengan baik.
Memperbaharui sesuatu agar lebih optimal, misalnya memperbaharui program antivirus agar virus baru juga dapat discan dengan baik.
113. Upload
Kegiatan yang dilakukan untuk
mengunggah/mengirim informasi atau data berupa file, dokumen, foto,
video atau audio dari komputer pribadi ke internet.
114. Upstream
Kecepatan aliran data dari komputer
lokal (milik pribadi) ke komputer lain yang terhubung dalam satu
jaringan, misalnya jaringan internet.
115. URL (Uniform Resource Locator)
: Suatu sistem yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat website,
alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web contohnya adalah www.siswamaster.com
116. Username
Nama pengguna, biasanya terdapat dalam sebuah akun di internet.
Nama pengguna, biasanya terdapat dalam sebuah akun di internet.
117. VPN (Virtual Private Network)
Jaringan yang sebagian di antaranya
terhubung dengan internet, tetapi di sisi lain lalu lintas data yang
melalui internet dari network ini telah mengalami pengacakan (proses
enkripsi) sehingga mengakibatkan network secara private/virtual
(tertutup).
118. WAP (Wirelles Aplication Protocol)
: Protokol untuk aplikasi wirelles yang merupakan hasil kerjasama
industri untuk membuat standarisasi terbuka dan berbasis pada standar
internet.
119. Web Designer
Seseorang yang ahli dalam mendesain sebuah website agar tampilannya tampak menarik dan bagus jika dinilai oleh pengunjung.
120. Web Developer
Seseorang yang memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman untuk menciptakan website dinamis yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung.
Seseorang yang memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman untuk menciptakan website dinamis yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung.
121. Web Hosting
Perusahaan yang menyediakan layanan untuk berbagi tempat penyimpanan suatu data/informasi pada sebuah website (intinya penyedia hosting).
Perusahaan yang menyediakan layanan untuk berbagi tempat penyimpanan suatu data/informasi pada sebuah website (intinya penyedia hosting).
122. Web Master
Seseorang yang memiliki keahlian di dunia website
Seseorang yang memiliki keahlian di dunia website
123. Web Page : Halaman web
124. Web Portal
Website yang menyediakan berbagai informasi dan layanan bagi pengunjungnya.
Website yang menyediakan berbagai informasi dan layanan bagi pengunjungnya.
125. Webmail
Sebuah web yang menyediakan fasilitas dan sarana untuk pengiriman, penerimaan dan pembacaan email.
126. Website (Situs)
Kumpulan halaman yang digunakan untuk
menampilkan informasi, gambar, gerak, suara, dan atau hubungan dari
semuanya itu baik bersifat statis maupun dinamis yang membentuk suatu
rangkaian bangunan yang saling terkait di mana masing-masing dihubungkan
dengan berbagai link.
127. Wi-Fi (Wirelles Fidelity)
Bentuk transfer data untuk mengakses internet yang dilakukan secara nirkabel (tanpa kabel).
128. WWW (Worl Wide Web)
Sistem menampilkan informasi baik berupa teks, gambar, audio atau video dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh browser.
129. Xml
130. Veronica
131. Voice mail
132. Spyware dan Adware
133. POP Mail
134. Phising
135. Plugin Netfind
136. Netiquette
137. Netizen
138. HSDPA
139. FAQ (frequently asked question)
140. Cracker
141. Cache
142. Broadcast
143. BITNET
130. Veronica
131. Voice mail
132. Spyware dan Adware
133. POP Mail
134. Phising
135. Plugin Netfind
136. Netiquette
137. Netizen
138. HSDPA
139. FAQ (frequently asked question)
140. Cracker
141. Cache
142. Broadcast
143. BITNET
*Maaf jika artikelnya belum lengkap, namun seiring berjalannya waktu akan terus diperbaharui menjadi lebih lengkap*
Baca juga : Pengertian dan Manfaat Internet
Kesimpulan…
Sebenarnya istilah-istilah tersebut
tidak begitu asing apabila kita sudah sering menggunakannya dalam
kehidupan sehari-hari. Jadi semakin seseorang mengenal dunianya, istilah
asing juga semakin dekat dengannya.
Demikianlah artikel tentang istilah-istilah umum di dalam dunia internet, semoga bermanfaat…
Salam Anak IT Indonesia !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar